Rabu, 26 Desember 2012

Pemandangan Eksotis Gunung Semeru

Udah nonton film 5cm? Pasti pernah denger Gunung Semeru beserta Ranu Gumbolo, Tanjakan Cinta, Oro-oro Ombo dan Puncak Mahamerunya kan? Yap! Berhubung gue pengen banget kesana dan belum kesampean mendaki puncak tertinggi di Jawa itu, gue mau nge-share aja nih tentang istilah-istilah aneh yang udah gue sebutin tadi.



Mulai dari Ranu Gumbolo...
Ranu Gumbolo merupakan nama suatu pos di Gunung Semeru di wilayah Jawa Timur. Ranu Gumbolo memiliki sebuah danau yang sangat indah dan memiliki air yang bersih. Danau tersebut dikelilingi oleh bukit-bukit, dimana kita bisa ngeliat matahari terbit waktu subuh-subuh atau matahari terbenam waktu menjelang magrib. Subhanallah. Nah kalo lo mau bermalam di Ranu Kumbolo dengan tenda, pastiin lo punya benda yang bikin tubuh lo tetap hangat, karena suhu di sekitar danau ini dingiinn banget (katanya). Bagi yang hobi mancing, lo juga bisa mancing di danau kawasan Ranu Gumbolo ini, asal ga ngerusak lingkungan aja. Dan di sekeliling danau inilah pohon-pohon pinus menjulang. Sumpah keren!



And the next, Tanjakan Cinta...
Daann di atas di sebelah barat danau atau di belakang kita, saat kita menikmati indahnya Ranu Gumbolo ada sebuah bukit tinggi yang terjal, dengan kemiringan tidak kurang dari 45 derajat. Kenapa dinamakan Tanjakan Cinta? Karena pada tanjakan tersebut beredar mitos yang sudah umum di kalangan pendaki yaitu “Barang siapa yang bisa terus berjalan tanpa berhenti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang, jika sedang jatuh cinta akan berakhir bahagia,” . Inget Ian dan Zafran yang mendaki tanjakan cinta buat ngegaet gebetan mereka Happy Salma dan Dinda? Mereka nengok ke bawah kan? Tapi Ian berhasil menikahi Happy Salma. :/ haha I believe that just a myth.



Selanjutnya, Oro-oro Ombo...
Setelah melewati Ranu Gumbolo, terbentanglah Oro-oro Ombo. Oro-oro Ombo ini merupakan sebuah padang rumput yang membentang seluas 100 hektar. Dikelilingi bukit-bukit gundul sejauh mata memandang dan merupakan EKOSISTEM ASLI TUMBUHAN RUMPUT. Bentuknya seperti sebuah mangkok yang berisi hamparan rumput berwarna kekuning-kuningan. Nama Oro-oro Ombo berasal dari bahasa Jawa,artinya padang rumput yang luas. Warga sekitar Gunung Semeru dan para pecinta alam, sepakat kalo panorama Oro-oro Ombo ini  terindah kedua setelah puncak Semeru. Oro-oro Ombo pas banget buat lo yang lagi galau atau banyak masalah, karena keindahannya cocok banget buat nenangin pikiran.  Disini juga tumbuh pohon pinus yang subur, yang bikin pemandangannya ga beda jauh sama dataran savana di Eropa. Kita harus bangga sama alam Indonesia. Indonesia ga kalah indah kok! Malah jauh lebih indah. B-)



And, the last Puncak Mahameru...
Dengan perjuangan dan tekad yang tinggi cuma orang-orang tertentu yang bisa mencapai Puncak Mahameru. kenapa? Karena untuk mencapai puncak ini, kita bener-bener harus mendaki permukaan yang sangat terjal. Dalam perjalanannya ga jarang batu-batu kecil sampai yang besar meluncur dari atas menghantam para pendaki (efek film).
Tapi kalo sudah menapakkan kaki di Puncak Mahameru, pasti terbayar perjuangan dan capeknya! Karena dari sini kita bisa liat Pulau Jawa dan semua pemandangan ekskotis yang terdapat di Gunung semeru ini. Seolah berada di atas awan, kita juga bisa liat ombak awan yang mendesir (lebay).



Belum kesana aja, gue udah bener-bener kagum sama ciptaan Allah ini. Subhanallah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar